Minggu, 11 November 2012

2. mendiskripsikan fungsi perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet

Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet

• Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses internet yaitu komputer, modem, saluran telepon. Berikut ini penjelasan fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet.
1. Komputer digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain. Jika tidak ada komputer, maka aktivitas internet dan aktivitas lainnya tidak akan berjalan.
Agar dapat memanfaatkan akses internet, sebaiknya anda menggunakan spesifikasi komputer seperti terlampir :
Hardware disyaratkan
• Komputer:min. 486 DX(disarankan Pentium)
• RAM:min. 8 MB(disarankan 16 MB)
• Modem:min. 14.4 kbps(disarankan 33.6 kbps)
• Saluran telepon
Software disyaratkan
• Operating system: Minimal Windows 3.1
• Browser:Internet Explorer atau Netscape Navigator
• Dial-Up Networking
2. Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Alat ini akan mengubah format data computer ke format data telepon sebelum data itu dikirim melalui kabel telepon. Sebaliknya, pada komputer penerima, data dalam format data telepon akan diubah kembali ke format data komputer. Letak Modem ini ada yang berada dalam kotak CPU (modem internal) dan ada juga yang berada di luar kotak CPU (modem eksternal).










3. Saluran Telepon
Pada bagian belakang komputer, terdapat line port yang digunakan untuk memasukkan kabel telepon yang ujungnya terdapat konektor, seperti yang biasa Anda masukkan ke phone port yang ada di pesawat telepon. Pada kebanyakan pesawat telepon, biasanya telah disediakan phone port tambahan yang dapat digunakan untuk memperoleh sambungan paralel ke pesawat telepon lain. Dengan menggunakan kabel telepon yang memiliki konektor di kedua ujungnya, Anda dapat memanfaatkan phone port ini untuk menghubungkan komputer ke jaringan telepon.

Sebagai contoh, Anda menggunakan sistem operasi Window 95/98/Me atau dikenal dengan istilah Win 9x, untuk menginstal modem.

Instalasi dan Setting Modem dengan MS Windows 95/98/Me
Anda harus menginstal modem untuk koneksi internet. Jika Anda menggunakan modem internel, pastikan modem sudah terpasang dengan baik pada Communication Port yang kosong. Setelah itu, hidupkan komputer lalu ikuti langkah-langkah berikut :
1. Klik Start, pilih Settings, pilih Control Panel. Maka akan muncul window Control Panel.
2. Pada windows Control Panel, pilih icon modem dan klik dua kali sehinga muncul window Instal New Modem (bagi yang pernah memasang modem sebelumnya makan akan tampil window Modem Properties. Bila anda ingin menambah driver modem baru, klik Add).







Windows dapat melakukan deteksi otomatis terhadap perangkat modem yang telah terpasang pada PC anda, tapi hal ini terbatas pada modem yang telah dikenali oleh Windows. Apabila anda memilih deteksi otomatis, maka kosongkan kotak Don’t detect my modem, lalu tekan Next.
Apabila anda memiliki modem jenis baru dan disertai file driver (dalam disket / CDROM), sebaiknya anda memilih deteksi manual sehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut (misal kemampuan support 56 kBps, fax, voice, dll). Untuk itu pilih kotak Don’t detect my modem , dan tekan Next.
3. Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh Windows. Pilih type modem yang sesuai dengan modem anda, lalu tekan Next.
Apabila anda tidak memiliki file driver, maka anda dapat memilih type Standard Modem, misalnya dengan kecepatan 28800 bps, lalu tekan Next lalu anda dapat langsung menuju ke langkah 5.



Apabila anda memiliki file driver (disket / CDROM) yang disediakan pabrikan, maka pasang disket / CDROM tersebut, lalu tekan tombol Have Disk.
4. Pada menu selanjutnya muncul window Install From Disk. Masukkan disket / CDROM yang berisi file driver modem anda, pilih dirive yang sesuai (A:\ atau pilih CDROM, lokasi lain menggunakan menu Browse).





5. Apabila file driver berhasil di ambil, maka akan muncul window mengenai driver tersebut (pada contoh ini, driver modemnya V90 & K56Flex DATA-FAX-VOICE Modem, yang memiliki kemampuan s/d 56 kBps). Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu), selanjutnya tekan Next.






6. Setelah selesai, maka anda harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem tersebut terpasang. Sebagai contoh, dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Kemudian tekan Next.








Pada tahap ini bila dilakukan dengan benar, maka modem akan terpasang pada PC anda. Klik Finish untuk mengakhiri setup modem Anda. Untuk melakuan koneksi internet, anda harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet.
Setelah selesai tahap ini, anda dapat melakukan Setting Dial Up.
Berikut ini adalah setting Dialling Telkomnet-Instant
1. Klik Start, pilih menu Control Panel

2. Pilih Network and Internet Connections

3. Pilih Network Connections

4. Maka akan muncul layar seperti di bawah ini, dan pilih Create a new connection

5. Maka akan muncul di layer seperti berikut, dan klik Next





6. Pilih Connect to the Internet, lalu klik Next

7. Pilih Set up my connection manually, lalu klik Next

8. Pilih Connect using a dial-up modem, lalu klik Next

9. Ketik telkom pada kotak yang tersedia di bawah ISP Name, lalu klik Next

10. Ketik 080989999 pada kotak kosong di bawah Phone number, lalu klik Next

11. Akan muncul layar seperti di bawah ini
Untuk username, ketik : telkomnet@instan
Untuk password dan confirm password, ketik : telkom
Kemudian klik menu Make this default Internet connection sehingga kotak tidak di centang, jika tidak ingin sebagai default Internet connection
Kemudian klik Next

12. Maka akan muncul layar seperti di bawah ini
Klik kotak pada menu Add shortcut…, jika ingin membuat shortcut connection ini
Lalu klik finish

Konfigurasi selesai, connection ini dapat digunakan. Tetapi jika muncul layar seperti di bawah ini :

Klik kotak kosong pada password lalu ketik telkom. Lalu klik Dial
Untuk dapat digunakan Internet, klik Start, kemudian pilih All Programs, kemudian klik Internet Explorer.

Maka akan muncul layar seperti berikut ini :

Klik Tools, kemudian klik Internet Options…
Maka akan muncul layar seperti berikut ini, kemudian klik Connections, pastikan hanya Dial whenever a network connection is not present yang ditandai, kemudian klik LAN Settings

Maka akan muncul layar seperti berikut ini,
Pada Automatically detect settings dan Use a proxy server…kotaknya dicentang atau tidak, tidak berpengaruh.

Jika setelah men-setting sudah selesai, anda mengetik alamat website lalu muncul layar seperti berikut ini, langsung klik Connect

Internet dapat digunakan.
Sekedar tambahan, jika connection ini tidak berjalan, biasanya muncul layar seperti ini :


Maka lakukan langkah no.1-3, kemudian akan muncul layar seperti ini, dan kemudian klik kanan shortcut telkom, dan klik properties


Maka akan muncul layar seperti ini, dan pastikan kotak pada Show terminal window tidak tercentang, kemudian klik OK.


 http://siipglobal.blogspot.com/2010/09/fungsi-perangkat-keras-yang-digunakan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar